Siapa Sih Fotografer Itu? | Tertarik dengan Dunia Fotografi? Tapi Bingung Mau Mulai dari Mana?

Siapa Sih Fotografer Itu?


    Fotografer atau juru foto adalah orang-orang yang membuat gambar dengan cara menangkap cahaya dari subyek gambar dengan menggunakan kamera maupun peralatan fotografi lainnya, dan umumnya  mereka memikirkan seni dan teknik untuk menghasilkan foto yang lebih bagus serta berusaha untuk mengembangkan ilmu fotografi yang dimilikinya. Banyak fotografer yang menggunakan kamera dan alat fotografi lainnya sebagai pekerjaan untuk mencari penghasilan, dan gambarnya akan dijual untuk cover majalah, cover calender, artikel, dll.
    Singkatnya, fotografer dapat diartikan sebagai orang yang melakukan aktivitas fotografi. Pengertian tersebut merupakan pengertian sederhana dari fotografer. Namun, pengertian fotografer akan menjadi lebih kompleks jika dilihat dari kegiatannya. Kita juga bisa disebut sebagai fotografer, asalkan memiliki dan memenuhi kriteria yang sudah ditentukan. Mereka yang disebut sebagai fotografer profesional pastinya sudah menekuni bidang fotografi yang menjadi bidang keahliannya tersebut dengan baik. Namun, selain itu ada pula mereka yang disebut sebagai fotografer hobi, mereka dijuluki demikian karena hobi fotografi yang dimilikinya—bukan karena skill atau pengalaman fotografi yang dimiliki oleh mereka.
    Fotografer profesional adalah orang yang bekerja dengan konsentrasi tinggi dan cenderung menjelajahi sesuatu secara mendalam. Sehingga gambar yang dihasilkan oleh fotografer profesional bisa memiliki harga jual yang tinggi karena tidak hanya melihat dari segi angle saja melainkan juga dari segi seni yang dihasilkan. Oleh karena itu, fotografer profesional akan sering menghabiskan banyak waktu untuk mendapatkan angle yang pasagar gambar yang dihasilkan bisa menciptakan seni yang luar biasa.
    Fotografer hobi atau yang lebih kita kenal sebagai fotografer amatir merupakan orang yang hanya menyukai aktivitas fotografi namun tidak terlalu memperhatikan segi seni yang dihasilkannya. Pada umumnya, orang tersebut hanya terfokus pada hasil yang eye-catching dan subjek yang menarik saja. Fotografer hobi juga dapat diartikan dari kegiatannya yang biasanya hanya akan terfokus untuk membagikan hasil gambar ke publik melalui sosial media tanpa mempedulikan hak cipta, selain itu biasanya mereka hanya menginginkan pengakuan dari orang lain saja. Melihat kedua kegiatan fotografer tersebut maka kita bisa melihat perbedaannya yang cukup signifikan. Sehingga pengertian fotografer tidak hanya bisa dilihat dari pengertiannya saja melainkan juga dilihat dari kegiatan yang dilakukan di lapangan. Untuk wawasan tambahan mengenai ilmu fotografi kalian bisa langsung aja klik pada link yang sudah saya berikan ini Tips Foto Model di Terik Matahari | Belajar Fotografi Portrait Outdoor. Saya harap dengan membaca artikel ini kalian bisa semakin memahami ilmu fotografi dengan baik, terimakasih :)

0 Comments