Laporan Membuat Blog di Blogger | Tertarik dengan Dunia Fotografi? Tapi Bingung Mau Mulai dari Mana?

Laporan Membuat Blog di Blogger

Pendahuluan

    Teknologi telah mempengaruhi setiap aspek dari bentuk dan perilaku umat manusia, hal yang paling terlihat adalah adanya perubahan dasar pemikiran yang dimiliki oleh seseorang. Perubahan-perubahan inilah yang memberikan berbagai macam dampak bagi kehidupan umat manusia. Sekarang mereka dihadapkan dengan dua pilihan, yakni memanfaatkan atau dimanfaatkan oleh teknologi itu sendiri. Perubahan dan perkembangan teknologi lambat laun menjadi semakin pesat, tak disangka kita sudah memasuki abad ke-21. Abad ke-21 diyakini menjadi puncak perkembangan teknologi, namun bukan berarti abad ke-22 nanti perkembangan teknologi sudah berhenti alias "mentok". Banyak hal-hal misterius di luar sana yang masih tidak kita pahami keberadaannya, peradaban kita masih jauh dari peradaban yang "maju".

    Lalu tunggu apa lagi? Sudah merupakan kewajiban kita sebagai generasi penerus bangsa agar dapat menyempurnakan dan mengembangkan teknologi-teknologi yang ada pada saat ini, bahkan kita dapat mengalirkan kreatifitas yang ada agar dapat menciptakan suatu teknologi yang lebih efisien dibanding dengan teknologi yang sedang kita gunakan saat ini. Saya yakin bahwa di kemudian hari kita mampu memajukan peradaban ini menuju ke tingkatan-tingkatan yang jauh lebih tinggi. Mungkin gagasan-gagasan futuristik seperti quantum computer, space elevator, genetic engineering, fusion energy, robot rights, automation, black hole bomb, moon base, dyson sphere, dan mars base bisa kita wujudkan pada hari yang akan datang. Tentunya bila gagasan-gagasan futuristik tersebut dapat kita wujudkan, maka dapat dipastikan peradaban ini akan menjadi sebuah peradaban yang sangatlah epik.

Tujuan

  1. Penulis ingin membuktikan bahwasannya perkembangan teknologi dapat memberikan dampak yang positif dan juga dampak yang negatif terhadap kehidupan umat manusia.
  2. Penulis ingin mengetahui dan memahami berbagai cara pemanfaatan dari teknologi yang dapat memberikan banyak keuntungan bagi kehidupan umat manusia.
  3. Penulis ingin mempraktikkan dan melampirkan langkah-langkah dalam membuat blog, mengganti tema blog, dan menambah slider pada postingan blog.

Dasar Teori

    Dilansir dari wikipedia blog merupakan singkatan dari web log yang merupakan bentuk dari aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan yang terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti dengan isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2003. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut. 

    Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif).

Metode Percobaan

    A. Pelaksanaan

      • Waktu: Senin, 31 Agustus 2020.
      • Tempat: -

    B. Alat dan Bahan

    • Alat:

  1. Laptop.
  2. Handphone.
      • Laptop ataupun Handphone, keduanya adalah pilihan yang bersifat opsional. Namun di sini saya akan menggunakan kedua-duanya dengan pemanfaatan yang berbeda.

    • Bahan:

  1. Google Chrome (bisa juga menggunakan peramban web lainnya seperti Firefox, Safari, dan Microsoft Edge).
  2. Jaringan internet (bisa menggunakan data seluler ataupun Wi-Fi).

    C. Prosedur Kerja

         a. Membuat Blog

    1. Login ke "Blogger".
    2. Di sebelah kiri, klik "Panah bawah" Panah bawah.
    3. Klik "Blog baru".
    4. Masukkan nama blog.
    5. Klik "Berikutnya".
    6. Pilih URL atau alamat blog.
    7. Klik "Simpan".

                ~ Catatan: Pastikan Anda mematuhi Kebijakan Konten Blogger  dan Persyaratan Layanan.

         b. Mengganti Tema Blog

    1. Login ke "Blogger".
    2. Di kiri atas, klik "Panah bawah" Panah bawah.
    3. Klik blog yang ingin diperbarui.
    4. Di menu sebelah kiri, klik "Tema".
    5. Pilih tema Anda, lalu klik "Terapkan" di bagian bawah.
                  ~ Untuk menyimpan salinan tema, di kanan atas, klik "Lainnya" Lainnya lalu "Cadangkan" lalu "Download".

         c. Menambah Slider pada Postingan Blog.

      • Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan agar dapat menambahkan slider pada postingan blog milik kita. Kita dapat menambahkannya baik dengan cara manual maupun otomatis, keduanya merupakan pilihan opsional yang berada di tangan kita.

             1. Cara Manual

        • Cara manual dapat kita lakukan dengan cara menambahkan dan mengutak-atik mode HTML  pada blog yang ada. Perlu diingat bahwa kalian harus belajar terlebih dahulu mengenai bahasa pemrograman sebelum mengubah dan mengkustom mode HTML.

                 a. Memilih Mode HTML

                 b. Memasukkan Kode HTML Khusus Untuk Membuat Slider

          • Ada berbagai macam teknik, cara, dan eksekusi yang dapat kita lakukan untuk membuat sebuah slider dengan menggunakan mode HTML. Keefektifitasan dari scripting language bergantung pada si programmer itu sendiri. Perlu diingat bahwa bila kita salah memasukkan atau mengkustom mode HTML maka akan terjadi impact negatif yang cukup besar.

                 c. Mengedit dan Mengeksekusi Kode HTML yang Sudah Dibuat

             2. Cara Otomatis

        • Mengunduh sebuah tema yang memiliki fasilitas slider di dalamnya.
        • Login ke "Blogger".
        • Di kiri atas, klik "Panah bawah" Panah bawah.
        • Klik blog yang ingin diperbarui.
        • Di menu sebelah kiri, klik "Tema".
        • Di sebelah "Sesuaikan", klik "Panah bawah" Panah bawah.
        • Klik "Pulihkan".
        • Klik "Upload", lalu pilih file tema yang sudah diunduh. 
        • Terakhir klik "Open" pada bagian bawah.

         d. Mengelola Blog


         e. Menambahkan Gambar dan Video ke Blog

        ~ Menambahkan Gambar ke Postingan Blog
    1. Login ke "Blogger".
    2. Di kiri atas, pilih blog.
    3. Klik postingan yang ingin Anda edit atau buat postingan baru.
    4. Di bagian atas, klik "Sisipkan gambar" Insert image.
    5. Pilih dari mana Anda ingin mengupload gambar.
    6. Pilih satu atau beberapa gambar, lalu klik "Sisipkan".
    7. Untuk mengubah ukuran, caption, atau perataan gambar setelah Anda menambahkannya, klik gambar tersebut.
        Menambahkan Video ke Postingan Blog
    1. Login ke "Blogger".
    2. Di kiri atas, pilih blog.
    3. Klik postingan yang ingin Anda tambahi dengan video.
    4. Di bagian atas, klik "Sisipkan video" Sisipkan video.
        • Anda dapat mengupload video dari komputer atau memilih video dari YouTube.
    5. Pilih video, lalu klik "Sisipkan".
   D. Bahan Diskusi

  1. Ide blog apa yang harus dipilih? Yang mana yang paling cocok, banyak digemari, dan sedang hangat dibicarakan?
  2. Nama blog yang harus dipilih? Mengapa demikian?
  3. Hosting yang harus dimiliki? Apa keunggulannya?
  4. Perlukah menggunakan fitur instant deploy?
  5. Bagaimana cara mempercantik tampilan blog?
  6. Apakah optimalisasi blog perlu dilakukan?
  7. Bagaimana cara meningkatkan kemanan dari sebuah blog?

    E. Hasil Percobaan

        ~ Skema Percobaan

      • Dapat melakukan praktik dengan baik, lancar, cepat, dan dengan eksekusi pengerjaan yang tepat. Semuanya dapat berjalan dengan  baik sesuai dengan arahan, perintah, dan ketentuan yang telah diberikan oleh guru pengampu bidang studi. Membuat blog adalah sebuah hal yang mudah dan praktis untuk dilakukan, hanya perlu memahami beberapa hal dan ketentuan dalam pembuatannya. Memasukkan bahasa pemrograman ke dalam mode HTML merupakan hal yang sederhana dan tidak sulit untuk dilakukan.

        ~ Analisa Perhitungan

      • Mampu mengeksekusi semua perintah dengan baik dan benar, serta mampu menyelesaikan tugas sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan oleh guru pengampu bidang studi. Dapat menambahkan berbagai macam fitur epik ke dalam blog sebagai tambahan, bahkan mampu mengorganisir blog tanpa bantuan siapapun. Hanya membutuhkan fasilitas penelusuran berupa Google Chrome dalam membantu proses pembuatan dan pengembangan blog. Mengotak-atik bahasa pemrograman tanpa adanya pengalaman tidak akan memberikan impact yang fatal.

        ~ Hasil Akhir

      • Sesuai dengan apa yang diinginkan, namun ternyata tetap harus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan orang lain untuk menanyakan beberapa hal berkaitan dengan blog (lebih direkomendasikan untuk bertanya pada beberapa orang yang dianggap "ahli" dalam perihal pembuatan blog dan pemrograman sistem). Walaupun begitu, ternyata blog memang bisa saya organisir secara individual tanpa adanya campur tangan orang lain, namun ternyata tetap saja memerlukan proses dan waktu yang lumayan lama dalam pembuatannya (tidak semudah dengan apa yang dibayangkan). Apalagi saat mengedit bahasa pemrograman, awalnya saya pikir itu adalah hal yang mudah, ternyata saya harus belajar dasarnya terlebih dahulu sebelum memasukkan kode-kode yang ada. Impact yang diberikan juga tidak main-main bila salah memasukkan bahasa pemrograman pada mode HTML.

Pembahasan

~ Kelebihan dan Kekurangan Metode Percobaan

    • Kelebihan
  1. Alat yang dibutuhkan sangatlah praktis karena bisa dibawa ke mana saja dan kapan saja, selain itu mereka juga mudah digunakan.
  2. Alat-alat yang dibutuhkan memiliki biaya pengoperasian dan pemeliharaan yang tergolong hemat (dapat digunakan secara terus menerus sesuai dengan keinginan kita).
  3. Dapat produktif sekaligus dapat menjaga kelestarian lingkungan (membuat blog tidak memerlukan sebuah kertas dan sebuah pena bukan?).
  4. Dapat menghemat energi, walaupun tetap produktif (coba bedakan lebih lelah mana? Menulis atau mengetik?).
  5. Semua telah disediakan dan difasilitasi oleh pihak Google alias "gratis dan efektif" (walaupun untuk custom domain harus beli).
    • Kekurangan
  1. Bagi sebagian kalangan, biaya yang dibutuhkan untuk membeli peralatan yang ada tergolong cukup mahal dan kurang ekonomis.
  2. Membutuhkan jaringan internet yang cukup baik dalam pengelolaan blog (tentu hal ini menjadi suatu highlight yang harus diperhatikan).
  3. Harus mengenali, memahami, dan terampil dalam mengoperasikan peralatan-peralatan yang ada (tentu orang yang "gaptek" akan kesulitan dalam mengoperasikan perangkat atau peranti elektronik seperti handphone dan laptop).
  4. Harus membaca dan mencermati ketentuan-ketentuan yang ada dengan baik (Anda pasti memahami apa yang saya sampaikan ini).
  5. Walaupun menghemat energi kita, tetapi kerusakan pada penglihatan tidak bisa kita hindari (sebenarnya bisa saja, namun tidak seluruh dampak negatif yang ada). Kita bisa mencegah hal ini dengan cara tidak menatap layar gawai dalam waktu yang lama.

Kesimpulan

  • Berdasarkan hasil percobaan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa membuat blog itu adalah hal yang mudah untuk dilakukan, namun walaupun begitu kita harus tetap memahami dan mendalami hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan bahasa pemrograman. Kita tidak bisa asal-asalan mengedit dan mengubah bahasa pemrograman yang ada pada mode HTML tanpa mengetahui dan menguasainya terlebih dahulu, sebaiknya bergurulah terlebih dahulu pada orang-orang terdekatmu yang ahli dalam bidang pemrograman sebelum terjun dalam dunia Hypertext Markup Language.

0 Comments